KETUA TP PKK PROVINSI LAMPUNG, RIANA SARI ARINAL MENDAMPINGI KETUA POKJA III TP PKK PUSAT, IRMA ZAINAL TINJAU KAWASAN WISATA PKK AGROPARK

BANDARLAMPUNG---Ketua POKJA III Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK)  Pusat Irma Zainal didampingi Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal meninjau Kawasan Wisata PKK-Agropark Sabah Balau, Lampung Selatan, Selasa (22/06/2021).
Kunjungan tersebut dihadiri juga oleh Kadis PMDT, PP & PA, Diskomimfo dan Statistik, Pol PP, Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan,  Ka UPTD BBI TP & PLK, serta  Pengurus dan staf Sekretariat TP PKK Provinsi Lampung.

Menurut Irma Zainal, kunjungannya ke Provinsi Lampung adalah dalam rangka meningkatkan kapasitas Tim Penggerak PKK dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pembuatan Tepung Mocaf (Modified cassava flour) agar memiliki nilai ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani Lampung.

"Selain peningkatan kapasitas pembuatan tepung mocaf, upaya ini juga sekaligus untuk mengedukasi petani bagaimana membuat packaging yang lebih baik dan bagaimana memasarkan produk-produk yang memang sudah ada dan sudah sangat bagus di Lampung, namun pemasarannya saja yang kurang maksimal. Supaya produk-produk petani Lampung dapat menembus pasar Nasional dan Internasional," paparnya

Kemudian terkait kunjungannya ke Kawasan Wisata PKK-Agropark Sabah Balau, Irma Zainal sangat mengapresiasi PKK Provinsi Lampung yang telah mampu mengelola kawasan wisata agropark, selain sebagai kawasan wisata edukasi bagi keluarga, juga sebagai kawasan Integrated Farming System dimana didalamnya terdapat kawasan pertanian, perikanan dan peternakan yang telah dikelola dengan baik.

"Agropark ini sangat luar biasa, dimana seluruh ekosistem didalamnya telah dikelola dengan sangat baik melalui penerapan Integrated Farming System. Patut diapresiasi dan semoga kedepan bisa terus ditingkatkan lagi," ucap Irma Zainal.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan bahwa, Kebun PKK Agropark memiliki luas kurang-lebih 10 hektar dan telah ditanami berbagai sayuran, buah-buahan, dan peternakan. Dengan adanya kebun PKK Agropark, dapat menjadi sarana edukasi bagi para ibu dan kader PKK untak dapat memanfaatkan pekarangannya agar lebih produktif.

Pada kunjungan di PKK Agropark tersebut, selain melakukan panen buah, sayur dan melihat penanaman padi, Irma Zainal bersama Ny. Riana Sari Arinal juga melihat Bazaar Tepung Mocaf, dan mencicipi aneka olahan tepung mocaf baik kue kering dan kue basah yang dibuat oleh UMKM/KWT dari Lampung Timur,  Lampung Utara, Pringsewu, dan Tulang Bawang Barat, dan berharap kedepannya Tepung Mocaf dapat menjadi bahan alternatif dalam pembuatan pangan dan aneka kue terutama dalam  pengembangan pangan lokal .