Kembalikan Kejayaan Lada Lampung, Gubernur Arinal Djunaidi Tinjau Kebun Lada di Marga Tigas Lampung Timur

Lampung Timur - Gubernur Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja untuk meninjau kebun lada di Desa Sukadana Baru Kecamatan Marga Tiga Lampung Timur, Rabu (18/11).
Turut mendampingi Gubernur dalam kunjungan ini, Pjs. Bupati Lampung Timur, Kadis Perkebunan Provinsi Lampung, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Lampung.
Dalam kunjungan tersebut, Gubernur menyempatkan diri untuk berdialog dengan petani lada guna mendengarkan langsung berbagai permasalahan yang disampaikan oleh petani lada dan memberikan motivasi sehingga diharapkan produktivitas dapat ditingkatkan.
Dalam kesempatan dialog tersebut perwakilan petani lada dari Kelompok Sidorukun mengungkapkan, saat ini luas areal perkebunan yang ada di Sukadana Baru - Marga Tiga seluas 635 Ha.
Petani sangat berharap agar keterlangsungan lada dapat terus ditingkatkan dan berkesinambungan dengan berbagai arahan dan dukungan pelatihan dari Pemerintah Daerah. Bantuan dari berbagai pihak juga sangat diharapkan guna mendukung Lada menjadi komoditas utama perkebunan di Kabupaten Lampung Timur dan mengembalikan kejayaan lada asal Lampung di kancah dunia.
Para petani lada juga berharap agar dukungan dari pihak investor untuk mengembangkan perkebunan lada dan memperbaiki harga lada di pasaran.
Saat ini harga lada di tingkat petani berkisar 30.000/kg, sehingga disamping menjadi petani lada, usaha lain juga dijalankan seperti beternak dan berkebun juga melakukan pengolahan secara tumpang sari.
Sementara itu, Gubernur dalam kesempatannya mengatakan agar Kredit Usaha Rakyat (KUR) dapat betul-betul dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani dan sebagai modal dalam pengembangan perkebunan lada.
Petani diharapkan siap meningkatkan produktivitas, memperbaiki kualitas sehingga akan menjadi salah satu upaya untuk memperbaiki harga lada di tingkat petani.
Gubernur mengatakan, Pemerintah Daerah terus melakukan upaya untuk membantu para petani lada dengan memantau harga pasar dan memberikan pendampingan melalui Dinas Perkebunan.