FGD Kawasan Dataran Tinggi

Rabu, 03 Februari 2021. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tanggamus.

Menindaklanjuti arahan Gubernur Lampung pada acara Rapat Pengembangan Kawasan Hortikultura dan dataran tinggi pada tanggal 28 Januari 2021 di Mahan Agung, maka dilakukan kunjungan kerja, diskusi dan peninjauan lapangan ke Kabupaten Tanggamus oleh Tim Pemerintah Provinsi Lampung yang terdiri dari Ir.Edi Yanto,M.Si Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Ir.Ahmad Chrisna Putra, NR,MEP Kepala Dinas Perkebunan, Ir.Lili Mawarti, M.Si Kepala Dinas Peternakan dan Keswan, Elvira Umihanni, SP, MT Kepala Biro Perekonomian, Kepala Dinas KPTPH yang diwakili Kabid Hortikultura, Kepala Bappeda yang diwakili Kabid, Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air yang diwakili Kabid PSDA, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi yang diwakili Kabid Bina Marga.

Acara Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Pulau Panggung, kemudian dilanjutkan peninjauan lokasi Pengembangan Hortikutura, budidaya Bawang Putih di dusun Limau Kapas Pekon Talang Jawa, budidaya Bawang Merah di pekon datarajan, Budidaya Pisang Mas di Pekon Datarajan, Ternak Kambing di Pekon Air Abang, Intercropping Kopi dan Lada di Pekon Datarajan semua lokasi berada di Kecamatan Ulu Belu.

Selanjutnya peninjauan ke lokasi budidaya perikanan air tawar di pekon gunung meraksa Kecamatan Pulau Panggung dan budidaya Ikan di Waduk Batu Tegi, serta inventarisasi jalan strategis yang perlu ditingkatkan untuk mengungkit perekonomian oleh Tim Dinas Bina Marga.

Dari Pemkab Tanggamus turut hadir Sukisno,S.K.M., M.Kes Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hendra Wijaya,ST.,M.T Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan, Catur Agus Dewanto,S.P Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dhani Riza Efriansyah,ST Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Edi Narimo, SH.,M.H Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang diwakili Kabid Bina Marga, Kabid Hortikultura DKPTPH Tanggamus Fahrudin Efendi, Aparatur Kecamatan Ulu Belu, PPL Kecamatan Pulau Panggung dan Ulu Belu.

Di Kabupaten Tanggamus terdapat Empat Kecamatan yang memiliki potensi pengembangan budidaya tanaman hortikultura dengan topografi 800 - 1.200 mdpl antara lain Kecamatan Ulu Belu, Pulau Panggung, Air Naningan, Sumberejo. Potensi Hortikultura yang saat ini dikembangkan di Kabupaten Tanggamus adalah Budidaya Bawang Merah, Bawang Putih, Cabe Merah, Cabe Rawit, Buah-buahan dan Sayur-sayuran. Selain itu untuk potensi Perkebunan, Peternakan dan Perikanan turut dikembangkan.
Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir.Edi Yanto,M.Si menyatakan bahwa FGD serta Kunjungan ini bertujuan untuk menginventarisir jalan strategis yang perlu ditingkatkan guna mengungkit perekonomian di Kabupaten Tanggamus, Potensi Pengembangan kawasan dataran tinggi dengan topografi 800 - 1.200 mdpl, Potensi Pengembangan Hortikultura, Potensi Perkebunan, Potensi Peternakan, Potensi Perkebunan Potensi Pengembangan Irigasi serta Implementasi Program Kartu Petani Berjaya. Untuk itu Edi Yanto berharap Kabupaten Tanggamus dapat mengindetifikasi potensi dan calon lokasi pengembangan pertanian dan perkebunan pada wilayah dengan topografi 800 - 1.200 mdpl.