Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung mengadakan Festival Pangan Lokal Lampung 2020

Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung mengadakan Festival Pangan Lokal Lampung 2020.

Festival Pangan Lokal Lampung 2020 yang dilaksanakan oleh Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura  Provinsi Lampung merupakan serangkaian kegiatan yang terdiri dari Lomba Olahan dan Inovasi Pangan Lokal Berbahan Baku Ubi Kayu dan Tepung Mocaf yang dilaksanakan sejak tanggal  26 Oktober sampai dengan 12 November 2020.

Festival Pangan Lokal Lampung 2020 dibuka oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung diwakili  oleh Ketua I Mamiyani, SE, MM yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon gas.

Lomba Olahan Pangan dan Inovasi Pangan Lokal berbahan baku Ubi Kayu dan Tepung  Mocaf terbuka untuk umum dan diikuti dari  15 kabupaten/kota dengan peserta sebanyak 48 tim.
Untuk Lomba Olahan dan Inovasi Pangan Lokal penjurian  dilakukan secara virtual untuk menentukan 6 Finalis, dan penjurian secara langsung untuk uji citarasa, penyajian dan tampilan.

Setelah dilakukan penjurian untuk uji citarasa, penyajian dan tampilan maka telah ditentukan juara 1, 2, dan 3, berikut pemenang Lomba Olahan Pangan dan Inovasi Pangan Lokal berbahan baku Ubi Kayu dan Tepung  Mocaf :Setelah dilakukan penjurian untuk uji citarasa, penyajian dan tampilan maka telah ditentukan pemenang ke - 1, 2, dan 3, berikut pemenang Lomba Olahan Pangan dan Inovasi Pangan Lokal berbahan baku Ubi Kayu dan Tepung  Mocaf :

Pemenang Lomba olahan tepung mocaf :
1. Banana Chocolate Tepung Mocaf a.n Paulina (Lampung Tengah)
2. Mocaf Soes With Banana Coffe Cream  a.n Dini Zulkarnaini & Gista Wulandari (SMKN 1 Abung Selatan, Lampung Utara)
3. Brulee Bomb Mocaf a.n Indah Yuliana Pratiwi & Lusy Kurniawati (Bandar Lampung)

Pemenang Lomba Olahan Ubikayu:
1. Lapis Legit Ubikayu A.n Nur Cahyaningsih & Wiji Telastina (Lampung Tengah)
2.  Pie Singkong Cream Kelapa & Singkong Asin a.n Ahmad Hafìdz & Lauren Putri Margaretha (Bandar Lampung)
3. Cabiku A.n Marliana Sepulau Raya & Sulastri (Bandar Lampung)

Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang, dan agar kedepannya  lebih menggali ide dan kreativitas baru untuk olahan pangan  dari ubi kayu karena Provinsi Lampung sebagai penghasil ubi kayu No. 1 di Indonesia.

Dan pada seluruh peserta lomba yang telah berpartisipasi mengirimkan video olahannya dan belum menjadi pemenang  kami ucapkan terimakasih, semoga akan lebih sukses kedepannya.

Selanjutnya dalam Festival Pangan Lokal Lampung 2020 dilaksanakan juga kegiatan lain yaitu Workshop dan Demo Masak oleh ICA dan Juara I Lomba Olahan dan Inovasi Pangan Lokal tanggal 13 November 2020, Webinar pada tanggal 16 November 2020, dengan topik Pola Pangan Sehat di Era Pandemi, dan Talk Show disalah satu TV Lokal Lampung juga pada tanggal  16 November 2020.